Monday, 16 October 2017

Cara Membuat Kabel Straight dan Cross

Dalam pembuatan jaringan pada komputer yang bertujuan untuk menghubungkan perangkat yang satu dengan yang lainnya, maka membutuhkan perangkat penghubung seperti kabel UTP atau lebih populernya yang disebut dengan kabel jaringan. Mungkin bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara membuat dan susunan dalam pembuatan kabel jaringan, disini saya akan uraikan cara-cara pembuatannya. Dalam pembuatan kabel jaringan bisanya menggunakan dua type yang digunakan yaitu mengunakan type kabel straight dan kabel cross.
Cara Membuat Kabel Straight dan Cross

Pengertian Kabel Straight
Kabel straight adalah kabel yang dalam pembuatannya mempunyai susunan atau urutan dan cara pemasangannya sama antara ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya. Dengan demikian disaat kita membuat kabel jaringan dengan menggunakan kabel straight, maka harus diperhatikan susunan kabelnya antara ujung yang satu dengan yang lainnya harus memiliki susunan atau urutan yang sama.

Fungsi Kabel Straight
Fungsi utama dari kabel straight adalah menghubungkan dua perangkat atau lebih yang memiliki peranan dan fungsi yang berbeda, adapun fungsi lengkapnya seperti berikut ini :

  •  Menghubungkan komputer dengan router
  •  Menghubungkan komputer dengan switch
  • Menghubungkan komputer deng modem
  • Menghubungkan router dengan switch
  • Menghubungkan router dengan access point
  • Menghubungkan switch dengan access point
  • Menghubungkan switch dengna modem, dan lain-lain.

Susunan Atau Urutan Kabel Straight
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa dalam membuat kabel straight diharuskan memiliki urutan atau susunan yang sama antara ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya. Terdapat 2 standar yang bisa Anda gunakan untuk menentukan susunan atau urutan dalam pembuatan kabel straight, yaitu sebagai berikut:

1. Standar T568-A
Urutan kabel untuk standar T568-A adalah sebagai berikut :
Pin 1 --> Putih Hijau
Pin 2 --> Hijau
Pin 3 --> Putih Orange
Pin 4 --> Biru
Pin 5 --> Putih Biru
Pin 6 --> Orange
Pin 7 --> Putih Coklat
Pin 8 --> Coklat

2. Standar T568-B
Urutan kabel untuk standar T568-B bisanya yang paling banyak digunakan termasuk saya sendiri selalu menggunakan standar tersebut, adapun urutannya sebagai berikut :
Pin 1 --> Putih Orang
Pin 2 --> Orange
Pin 3 --> Putih Hijau
Pin 4 --> Biru
Pin 5 --> Putih Biru
Pin 6 --> Hijau
Pin 7 --> Putih Coklat
Pin 8 --> Coklat 


Pembuatan kabel straight yang perlu diperhatikan adalah cara pemasangan susunan kabelnya harus memiliki standar yang sama, misalkan ujung kabel yang satu menggunakan standar T568-A maka ujung kabel yang lainnya harus memiliki susunan dengan standar T568-A juga, begitupun kalau Anda menggunakan standar T568-B maka ujung kabel yang lainnya menggunakan standar T568-B juga. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat Kabel Straight dan Cross
Urutan Kabel Straight


Pengertian Kabel Cross
Kabel cross adalah kabel yang dalam pembuatannya mempunyai susunan atau urutan yang berbeda antara ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya.
Seperti yang saya bahas diatas bahwa ada dua standar untuk urutan kabel yaitu standar T568-A dan T568-B, dari dua standar tersebut masing-masing memiliki urutan kabel yang berbeda.

Fungsi Kabel Cross
Fungsi kabel cross kebalikan dari fungsi kabel straight yaitu berfungsi untuk menghubungkan antara perangkat yang satu dengan perangkat yang lainnya dengan mempunyai peranan fungsi yang sama, adapun fungsi lengkapnya sebagai berikut :

  • Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
  • Menghubungkan 2 buah switch
  • Menghubungkan 2 buah hub
  • Menghubungkan komputer dengan router, dan lain-lain. 


Susunan Atau Urutan Kabel Cross
Untuk susunan atau urutan kabel cross yaitu antara ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya memiliki urutan yang berbeda atau memiliki standar yang berbeda. Seperti yang saya jelaskan diatas yang mana susunan kabel memliki 2 standar yaitu standar T568-A dan standar T-568B, misalkan untuk susunan kabel cross pada ujung yang satu menggunakan standar T-568A maka untuk ujung kabel yang lainnya menggunakan standar T-568B. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
Cara Membuat Kabel Straight dan Cross 
Urutan Kabel Cross


Demikian uraian singkat dari saya telah selesai tentang bagaimana cara membuat kabel straight dan cross, semoga apa yang sudah saya paparkan dapat bermanfaat dan bagi yang belum memahaminya silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar.

2 comments:

  1. terimakasih infonya sangat menarik

    salam dari www.lauwba.com

    ReplyDelete
  2. jika dalam sebuah jaringan terdapat 5 pc terhubung ke 1 switch. di mana 4 pc menggunakan kabel straight dan 1 pc menggunakan kabel cross, apakah akan mempengaruhi jalur komunkasi antar komputer dalam jaringan tersebut?!

    ReplyDelete