Tuesday, 7 November 2017

Cara Jitu Mengatasi I/O Device Error Pada Hardisk (Terbaru)

Cara Jitu Mengatasi I/O Device Error Pada Hardisk (Terbaru)
Banyaknya kejadian yang dialami oleh pengguna komputer termasuk saya sendiri pernah mengalaminya, yaitu terjadi error disaat akan membuka drive hardisk dan muncul pesan "The request could not be performed because of an I/O device error". Kejadian seperti ini tentunya membuat kita jadi jengkel, dikarenakan kita tidak bisa membuka file yang berada di dalam drive hardisk tersebut. Disini saya akan memberikan cara jitu mengatasi I/O device error pada hardsik.


Cara Jitu Mengatasi I/O Device Error Pada Hardisk

Penyebab terjadinya I/O device error biasanya kondisi hardisk sudah bad sector atau driver perangkat tersebut sudah tidak aktif atau kadaluarsa. Tetapi Anda tidak usah khawatir, silahkan langsung disimak saja langkah-langkahnya berikut ini :
1. Cara Pertama
  • Buka "Command prompt" pada komputer Anda, dengan cara klik Start --> Run --> ketik Cmd --> Klik kanan Run Administrator.
  • Setelah berada di halaman command prompt, silahkan ketikan Chkdsk /f D: kemudian Enter
  • Catatan : saya beri D: karena drive saya yang akan diperbaiki adalah drive D, silahkan sesuaikan dengan driver komputer Anda yang ingin diperbaiki.
Cara Jitu Mengatasi I/O Device Error Pada Hardisk (Terbaru)
  • Silahkan tunggu selama proses berjalan, jika tampilannya seperti contoh gambar diatas maka bisa dipastikan drive hardisk Anda bisa diperbaiki.

2. Cara Kedua
Jika cara pertama Anda tidak berhasil, maka ada cara selanjutnya yang akan membantu Anda untuk mengatasi I/O device error pada hardisk. Cara ini adalah dengan cara melakukan format pada drive hardisk tersebut, tetapi disaat akan melakukan format malah muncul pesan kalau drive hardisk terproteksi "The disk is write protected". Maka solusinya adalah menggunakan command prompt seperti berikut ini :
  • Masuk ke CMD seperti pada langkah pertama.
  • Selanjutnya ketikan "Diskpart", maka akan muncul list hardisk yang ada pada komputer Anda.
  • Kemudian ketik "Select disk 0", (silahkan sesuai nomor disk berdasarkan yang ada pada komputer Anda.
  • Ketikan "ATTRIBUTES DISK CLEAR READONLY", untuk menghilangkan proteksi di hardisk tersebut.
Cara Jitu Mengatasi I/O Device Error Pada Hardisk (Terbaru)

  • Setelah langkah diatas dilakukan, maka sekarang silahkan lakukan format ulang drive hardisk Anda.

Sekian dulu uraian dari saya mengenai cara jitu mengatasi I/O device error pada hardisk, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

1 comment:

  1. kelanjutan langkah pertama bgmn bos? apabila mencari file yg recovery

    ReplyDelete