Friday, 10 November 2017

Cara Registrasi Kartu SIM Prabayar Untuk Yang Belum Punya KTP

Cara Registrasi Kartu SIM Prabayar Untuk Yang Belum Punya KTP
Dalam dua bulan terakhir ini lagi rame-ramenya kalau semua yang memiliki kartu SIM Card wajib diregistrasi ulang, yang mana Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah memberlakukan aturan baru bagi pelanggan yang menggunakan kartu SIM Card prabayar untuk melakukan registrasi menggunakan nomor KTP dan Kartu Keluarga (KK). 

Masalahnya bagaimana dengan yang belum punya KTP atau yang masih dibawah umur seperti anak sekolah, sedangkan syarat untuk punya KTP minimal usia 17 tahun ke atas. Jangan khawatir, Anda sebenarnya sudah memiliki NIK yang bisa lihat di KK milik Anda. NIK-nya tercantum di sebelah nama Anda dalam KK. Sementara untuk nomor KK berada di bagian paling atas yang berlaku untuk seluruh anggota keluarga.

Dengan demikian khusus bagi anak-anak dan remaja yang belum mempunyai KTP bisa melakukan registrasi dengan menggunakan NIK dan Nomor KK yang tertera pada Kartu Keluarga (KK), tetapi di sarankan untuk anak-anak yang akan melakukan registrasi harus didampingi oleh orang tuanya.

Untuk melakukan registrasi Anda harus mengirimkan SMS ke nomor 4444 dengan format yang telah di tentukan oleh masing-masing operator, berikut ini saya bagikan format detailnya untuk melakukan registrasi :

1. Cara Registrasi Untuk Pelanggan SIM Card Baru
  • Indosat, Smartfren, Tri     :  NIK#No.KK#
  • XL Axiata       :  Daftar#NIK# No.KK
  • Telkomsel      :  Reg<Spasi>NIK#No.KK#

2. Cara Registrasi Untuk Pelanggan SIM Card Lama
  • Indosat, Smartfren, Tri     :  ULANG#NIK#No.KK#
  • XL Axiata       :  ULANG#NIK# No.KK
  • Telkomsel      :  ULANG<Spasi>NIK#No.KK#

Jika SMS dinyatakan tidak valid, maka Anda perlu melakukan cek format SMS, data NIK (Nomor Induk Kependudukan), dan nomor KK yang diisikan. Pastikan semuanya sudah  benar dengan menggunakan NIK serta nomor KK yang sah, kemudian kirimkan SMS registrasi baru lagi. 
 
Apabila format SMS, data NIK, dan nomor KK yang diisikan sudah benar semua, namun masih saja dinyatakan tidak valid, maka Anda perlu mengirim SMS registrasi itu sebanyak 5 kali. Kemudian, Anda akan menerima pemberitahuan berupa SMS yang berisi pernyataan yang mana pelanggan dapat menyatakan NIK dan nomor KK yang diisikan sudah benar dan sah. Jawab setuju dan berarti Anda telah menyatakan bertanggungjawab secara hukum atas NIK dan nomor KK yang telah diisikan. 
 
Sekian dulu uraian singkat dari saya mengenai cara registrasi kartu SIM prabayar untuk yang belum punya KTP, semoga uraian ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment