Thursday, 30 November 2017

Tutorial Lengkap Google Adsense Khusus Untuk Pemula

Alasan saya membahas tentang tutorial lengkap Google Adsense khusus untuk pemula, karena sering menemukannya di berbagai forum yang membahas tentang Google Adsense dan banyak yang menanyakan beberapa hal dasar tentang Google Adsense. Seiring dengan semakin pesatnya dunia internet, yang di iringi dengan semakin banyaknya media berbisnis secara online sehingga bisa menghasilkan uang dan salah satunya yaitu Google Adsense.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Google Adsense, mungkin untuk para master yang sudah lama berkecimpung menjadi publisher bukan lah hal yang asing lagi, karena mereka sudah menguasai seluk beluk bermain Google Adsense. Tetapi khusus bagi pemula  mungkin masih banyak yang harus dipelajari, dan disini Anda bisa menemukan pelajaran untuk memulai menjadi publisher Adsense.

Ada beberapa hal yang harus Anda pelajari khusus bagi pemula, jangan lah menganggap enteng jika Anda ingin sukses menjadi publisher Google Adsense. Silahkan disimak uaraian saya berikut ini dari awal sampai akhir.


1. Apa Itu Google Adsense?

Bagi yang masih awam atau belum mengetahui pengertian Google Adsense masih bertanya-tanya dalam hati. Google Adsense adalah situs pengiklanan atau program affiliasi dari Google, yang mana iklan akan dipasang pada setiap pemilik website atau blog yang menjadi publishernya. Sehingga bagi publishernya akan mendapatkan keuntungan berupa pembayaran langsung yang diberikan oleh Gogle Adsense.

Akan tetapi untuk mendapatkan keuntungan tersebut tidak lah mudah, Anda harus memiliki website atau blog sendiri yang didaftarkan ke Google Adsense dan telah diterima menjadi publisher nya. Setelah Anda berhasil memiliki akun Adsense nya, maka disitu Anda bisa memasangkan iklan pada website atau blog Anda sendiri yang diberikan oleh pihak Adsense dan Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut.


2. Dari Mana Sumber Uang Yang Diberikan Google Adsense?

Sumber uang yang diberikan oleh Adsense kepada kita sebagai publisher yaitu dari pihak pertama atau vendor yang ingin menampilkan iklan kepada pemilik situs dihalaman hasil pencarian miliknya. Semua itu dikelola dengan menggunakan program yang namanya yaitu Google Adwords, Google Adsense sebagai pihak ke dua akan mendapatkan penghasilan dari pihak pertama yang ingin memasang iklan, yang mana penghasilan itu akan di bagi dengan pemilik situs atau publisher yang menampilkan iklan tersebut.

Maka dari situlah akan mendapatkan pembagian penghasilan yang didapatkan Google dari program Adwords tersebut, yaitu dengan cara menampilkan iklan di website atau blog Anda. Jika seseorang malukan klik pada iklan tersebut, maka Anda akan mendapatkan penghasilan 68% dan sisanya untuk Google sendiri.


3. Bagaimana Cara Menjadi Publisher Google Adsense?

Jika Anda tertarik ingin medapatkan penghasilan dari internet yaitu dengan menjadi publisher Adsense atau pihak ke tiga yang menayangkan iklan, maka Anda harus memenuhi syarat berikut ini :
  1. Anda harus memiliki website atau blog sendiri yang memenuhi kriteria untuk di daftarkan ke  Google Adsense. Maksud dari kriteria tersebut adalah blog atau website harus memiliki minimal 20 postingan artikel, artikel harus original (tidak copy faste), artikel tidak mengandung unsur porno grapi dan SARA, dan memiliki blog yang visitornya sudah banyak.
  2. Situs website atau blog harus memenuhi kebijakan program Adsense
  3. Usia website atau blog dianjurkan minimal 6 bulan.
  4. Usia Anda disaat akan melakukan pendaftaran harus diatas 18 tahun.
  5. Silahkan lakukan pendaftaran ke Adsense, baik itu daftar melalui blog atau lewat situs Adsense langsung.
Setelah Anda memenuhi persyaratan seperti diatas, maka Anda bisa menjadi publisher Adsense. Memang tidak sesederhana apa yang di lihat, tetapi jika benar-benar menarapkan syarat-syarat diatas kemungkinan untuk bisa diterima menjadi publisher sangat besar.


4. Bagaimana Cara Daftar Google Adsense?

Untuk menjadi publisher Adsense tentunya Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu, untuk daftar menjadi publisher ada 3 cara yaitu daftar langsung di blogger yang Anda miliki, daftar ke situs Adsense langsung jika blog atau website Anda sudah memakai Top Level Domain seperti (.com, .net, .co.id, .org, dan sebagainya), dan yang terakhir yaitu daftar melalui youtube jika Anda suka upload-upload video maka silahkan lakukan pendaftaran melalui youtube. Khusus untuk daftar lewat akun youtube biasanya kemungkinan untuk diterimanya sangat mudah, berbeda dengan daftar menggunakan blog atau websitenya langsung sangat lah sulit, tetapi dengan Anda melakukan syarat-syarat yang diberikan Adsense maka tidak ada yang sulit.

5. Apakah Ada Cara Jitu Daftar Adsense Supaya Bisa Diterima?

Cara-cara untuk daftar Adsense supaya bisa diterima sebenarnya banyak yang membahas tentang ini, tetapi itu semua tidak semata-mata bisa dilakukan dengan mudah. Untuk melakukan itu semua dibutuhkan keseriusan dalam mengelola blog, karena didalamnya banyak sekali faktor-faktor yang harus dilakukan dengan serius. Jika Anda ingin mengetahui cara jitu daftar Adsense bisa di terima silahkan lihat pembahasan saya sebelumnya, disitu saya jelaskan secara rinci cara-caranya berdasarkan pengalaman saya pribadi.

Baca juga : Cara Jitu Daftar Adsense Bisa Diterima Full Approve.


6. Jika Sudah Diterima Adsense, Apa Yang Harus Dilakukan?

Jika Anda sudah diterima menjadi publisher Adsense, maka selanjutnya silahkan simak langkah-langkah yang harus dilakukan berikut ini :
  • Login ke akun Adsense Anda, kemudian lengkapi data pembayaran dengan data pribadi yang sesuai dengan KTP yang Anda miliki. Hal ini bertujuan supaya dalam proses pengiriman PIN Adsense bisa nyampe tepat ke alamat Anda, dan berfungsi juga disaat Anda akan melakukan penarikan uang atau payment pada saat penghasilan sudah sampai pada ambang batas.
  • Lakukan verifikasi nomor telepon, jika nomor telepon untuk Google telah diverifikasi sebelumnya, Anda akan melihat nomor telepon terverifikasi di kolom “Nomor telepon”. Anda dapat memilih menggunakan nomor telepon ini untuk AdSense dan melewati proses verifikasi telepon lainnya. Silahkan Pilih apakah Anda ingin menerima kode verifikasi melalui pesan teks atau melalui panggilan suara, kemudian klik "Dapatkan Kode Verifikasi", selanjutnya masukan kode 6 digit yang diterima dari Adsense.
  • Menghubungkan blog atau situs Anda ke Google Adsense, Copy kode yang ada di halaman dashboard Adsense kemudian letakan di blog Anda tepat diantara tag <head> dan </head>, jika sudah selesai silahkan kembali ke halaman Adsense dan klik tombol "Selesai". Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh gambar dibaah ini.
  • Selanjutnya silahkan Anda pasang kode script iklan di blog untuk menampilkan iklan Adsense pada blog Anda. Login ke Adsense, klik menu "My Ads" --> "Ad Units" --> "New ad units", silahkan pilih tampilan iklan sesuai yang Anda inginkan kemudian beri nama iklan tersebut, dan selanjutnya klik "Save and get code". Maka akan muncul kotak kode script, silahkan copy kode tersebut dan letakan pada "Widget" blog Anda.


Baca juga : Cara Memasang Iklan Adsense Dibawah Judul Artikel.

7. Bagaimana Jika PIN Tidak Sampai?

Jika PIN pertama yang Anda tungu-tungu tidak kunjung datang juga dalam waktu 2-4 minggu, silahkan cek langsung ke kantor pos terdekat didaerah Anda. Tetapi jika dikantor pos tidak ada juga, Anda tidak usaha khawatir karena masih bisa melakukan permintaan PIN yang ke dua. Dihalaman payment dibagian bawah akan muncul "Request new PIN" untuk permintaan PIN ke dua.

Apabila permintaan PIN yang ke dua tidak datang juga, Anda masih bisa melakukan permintaan PIN yang ke tiga. Masalahnya PIN yang ketiga pun tidak kunjung sampai juga padahal alamat yang dicantumkan sudah sesuai dengan alamat KTP Anda, mungkin itu semua terjadi masalah dalam proses pengiriman ke alamat yang dituju. Akan tetapi Anda tidak usah khawatir karena masih bisa melakukan verifikasi dengan cara lain yaitu dengan menggunakan KTP , SIM, Pasport, Rekening Listrik dan sebagainya dengan cara mengupload hasil scan data pribadi tersebut.

Pertanyaannya, bagaimana cara verifikasi menggunakan data pribadi? Sangat gampang ko caranya, pada halaman payment dibagian bawah akan muncul menu untuk mengisi formulirnya, lihat contoh gambar dibawah ini.

Keterangan :
  1.  Isi kolom nama sesuai dengan nama Anda sendiri yang tercantum di KTP.
  2.  Isi kolom email menggunakan email dari akun Adsense Anda.
  3.  Isi kolom ID Penayang yang ada di akun Adsense Anda.
  4.  Browse image dari data pribadi Anda yang sudah di scan.
  5.  Selanjutnya klik tomol "Kirim".
Setelah Anda mengisi formulir diatas, silahkan tinggal tunggu aja maksimal 1x24 untuk menunggu email dari Adsense bahwa Anda telah melakukan verifikasi. Selanjutnya Anda tidak perlu melakukan permintaan PIN karena sudah diverifikasi melalui data pribadi Anda yang sudah dikirim.

7. Kapan Penghasilan Adsense Bisa Dicairkan?

Disaat sudah menjadi publisher Adsense tentunya yang paling diharapkan ialah mendaptkan penghasilan dan bisa masuk ke saku Anda pribadi, dalam artian bisa mencairkan penghasilan tersebut.

Untuk mencairkan penghasilan Adsense tentunya harus melalui beberapa persyaratan yang harus dilalui, antara lain sebagai berikut :
  • Penghasilan Adsense harus sampai pada angka $10 atau dalam rupiah Rp.130.000, ini dimaksudkan untuk proses verifikasi alamat kepemilikan akun Adsense tersebut, yang mana pihak Adsense membutuhkan data yang valid kepemilikan akun tersebut. Pada tahap ini Adsense akan mengirim PIN melalui kantor pos ke alamat yang tertera pada akun Adsense Anda.
  • Setelah Anda mendapatkan PIN yang dikirim oleh pihak Adsense, maka selanjutnya melakukan verifikasi dengan cara mengisikan 6 digit PIN tersebut pada akun Adsense Anda.  Waktu yang diberikan untuk pengisian PIN adalah selama 4 bulan dimulai dari PIN tersebut dibuat, jika sudah melewati batas waktu tersebut PIN belum di isikan juga maka iklan Adsense pada blog atau website Anda akan otomatis hilang.
  • Jika Anda telah selesai makukan verifikasi dengan mengisikan PIN, maka selajutnya bisa mencairkan penghasilan Adsense Anda jika sudah mencapai ambang batas di angka $100 atau Rp.1.300.000. 
  • Setelah mencapai ambang batas penghasilan silahkan lakukan penarikan atau payment, untuk mencairkannya Anda bisa melalui beberapa metode diantaranya seperti transfer langsung ke rekening bank Anda, dan bisa juga melalui kirim lewat Western Union yang bisa diambil di bank-bank terdekat yang ada di daerah Anda.


Secara garis besar uraian mengenai tutorial lengkap Google Adsense khusus untuk pemula telah selesai, semoga uraian ini bisa bermanfaat dan jika ada yang masih belum paham sepenuhnya silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar.

No comments:

Post a Comment