Tuesday, 5 December 2017

Cara Mudah Mengatasi Error Page Not Found 404

Cara Mudah Mengatasi Error Page Not Found 404
Mungkin Anda pernah mengalami kalau artikel yang diposting saat berada di halaman mesin pencarian saat link dibuka malah muncul error page not found 404. Jika hal itu terjadi pada blog Anda segeralah perbaiki, karena bisa saja kualitas nilai SEO blog Anda menurun. Untuk mengurangi terjadinya error seperti itu, maka rajin-rajin lah memeriksa kesehatan blog Anda melalui Google Webmaster Tools. Dengan seringnya melakukan kontrol terhadap kesehatan blog, maka bisa memperkecil kemungkinan terjadinya error karena Anda bisa langsung memperbaikinya.

Penyebab Error Page Not Found 404

Sebenarnya bisa terjadinya error page not found 404 adalah karena tidak ditemukannya link yang mengarah ke halaman yang disebabkan link tersebut rusak atau sudah dihapus. Mungkin bagi sebagian blogger apalagi yang masih pemula, disaat adanya postingan yang tidak sesuai keinginan atau adanya kesalahan pada artikel tersebut yang seharusnya di edit tetapi malah dihapus. Sebenarnya tidak disalahkan juga menghapus postingan tersebut, tapi masalahnya tidak semua tahu kalau ngehapus postingan tidak akan langsung secara otomatis terhapus pula di halaman mesin pencarian.

Apabila akan melakukan penghapusan link postingan yang Anda miliki, maka diharuskan juga menghapus di Google Webmaster Tools. Alasan kenapa harus menghapus di webmaster tools, karena jika artikel yang sudah diposting dan dihapus di blognya maka tidak semata-mata akan langsung terhapus pula di halaman mesin hasil pencarian, sehingga akan menyebabkan munculnya tampilan error page not found 404 disaat link tersebut dibuka.

Jika error 404 terjadi pada halaman blog Anda, maka akan sangat disayangkan sekali. Sebenarnya tidak sangat berpengaruh terhadap posisi di mesin pencarian jika error nya hanya sedikit, tetapi kalau error nya banyak terdapat beberapa link maka sangat berpengaruh juga terhadap para pengunjung karena mereka akan sangat kecewa dan akan meninggalkan halaman blog Anda.

Cara Mengatasi Error Page Not Found 404

Cara mengatasinya sebenarnya sangat mudah, tetapi dengan sangat mudahnya itu lah terkadang terlalu menyepelekannya. Untuk mempersingkat waktu silahkan langsung disimak saja langkah-langkahnya berikut ini :

Langkah ke #1. Login ke Google Webmaster Tools.

Langkah ke #2. Masuk ke menu "Google Index" lalu pilih "Remove URL" kemudian klik "Temporarily hide". Selanjutnya copy URL yang error dan faste pada kolom temporarily kemudian klik "Continue", lihat contoh seperti gambar dibawah ini.
Cara Mudah Mengatasi Error Page Not Found 404

Langkah ke #3. Silahkan pilih "Request type" saya sarankan seperti contoh gambar dibawah ini,  kemudian klik tombol "Submit Request".
Cara Mudah Mengatasi Error Page Not Found 404

Langkah ke #4. Jika Anda sudah malakukan request penghapusan, maka ditunggu saja nanti dari webmaster tools nya yang akan eksekusi penghapusan URL yang error.
Cara Mudah Mengatasi Error Page Not Found 404
Langkah ke #5. Langkah yang terakhir silahkan masuk ke menu "Crawl" lalu klik "Crawl Errors", maka akan muncul URL yang bermasalah. Silahkan ceklis URL tersebut kemudian klik tombol "Mark As Fixed".
Cara Mudah Mengatasi Error Page Not Found 404


Apabila Anda sudah melakukan langkah-langkah yang sudah saya bagikan seperti diatas, maka bisa dipastikan munculnya Error Page Not Found 404 sudah tidak akan muncul lagi. Sekian dulu urain dari saya, semoga apa yang sudah saya berikan bisa bermanfaat. Jika masih ada yang belum dipahami sepenuhnya, silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar.

No comments:

Post a Comment