Thursday, 14 December 2017

Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Kabel Fiber Optik
Kabel fiber optik atau sering disebut kabel FO pada sekarang ini sudah banyak digunakan oleh instansi-instansi dan khususnya perusahan operator telekomunikasi. Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai kabel fiber optik dan apa saja kelebihan-kelebihannya dibandingkan dengan kabel yang memiliki bahan tembaga yang seperti kita gunakan sebelumnya, disini saya akan bagikan kepada Anda mengenai pengertian dan kelebihan kabel fiber optik. Ini semua bisa dijadikan referensi atau bahan pertimbangan jika anda ingin beralih menggunakan kabel fiber optik.

Pengertian Kabel Fiber Optik 

Pengertian kabel fiber optik baik dilihat secara umum maupun secara spesifik adalah kabel yang dibuatnya menggunakan teknologi canggih dengan memiliki sebagian besar bahannya terbuat dari serat kaca, dan diperuntukan sebagai media transmisi terarah untuk kepentingan perpindahan arus data dalam jaringan komputer.

Serat kaca memiliki diameter sekitar 120 mikrometer yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain hingga mencapai  jarak 50km tanpa harus menggunakan alat penguat signal. Fiber optik ditransmisikan melaui prinsip cahaya yang dapat membawa informasi lebih banyak dan jarak yang jauh dibanding sinyal listrik yang dibawa menggunakan media tembaga atau koaksial. Serat kaca yang digabungkan  dengan sistem elektronik yang canggih atau menggunakan repeater, sehingga gelombang cahaya dapat  melampaui jarak 100 km.

Komponen Fiber Optik

Selain pengertian dari fiber optik, Anda juga harus mengetahui apa saja komponen-komponen dan fungsinya dari komponen fiber optik tersebut, berikut ini saya jelaskan bagin-bagiannya silahkan langsung disimak saja.

1. Core / Inti : Komponen ini terdapat pada bagian dalam atau inti dari kabel fiber optik yang terbuat dari silikon, yang berfungsin untuk mentransmisikan gelombang caha pada serat kaca.

2. Cladding : Komponen ini merupakan lapiran pertama yang berada diluar core yang terbuat dari silikon tetapi dengan komposisi bahan yang berbeda dengan core. Fungsi dari komponen ini yaitu sebagai pemantulan internal total atau lebih jelasnya untuk memandu
gelombang cahaya yang merefleksikan cahaya tembus kembali kepada core.

3. Coating / Buffer : Komponen ini ialah lapisan non-optik yang pertama, yang letaknya berada diluar cladding dan dilapisi beberapa lapis polimer (plastik). Fungsinya yaitu untuk  melindungi lapisan cladding dan core yang terbuat dari serat kaca.

4. Jacket : Komponen ini merupakan bagian terluar dari kabel fiber optik, yang berfungsi sebagai pelindung utama dari kabel fiber optik secara keseluruhan.


Jenis Kabel Fiber Optik

Pada kabel fiber optik terdapat dua jenis kabel yaitu single-mode dan multi-mode, untuk lebih jelasnya silahkan simak uraiannya dibawah ini.

  • Fiber optik  Single-mode yaitu kabel yang memiliki core lebih kecil, besar core nya berdiameter sekitar 9 mikrometer dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah yang panjang gelombang antara 1300-1550 nanometer yang mana hanya satu mode dalam menyebarkan cahaya  melalui core. Single mode dikembangkan untuk mempertahankan integritas data spasial dan spektrum dari masing-masing sinyal optik jarak yang lebih jauh, yang mana bisa mencapai 50 kali jarak maksimum dari kabel fiber optik multi-mode.

  • Kabel Fiber optik multi-mode merupakan kabel yang memiliki diameter core lebih besar dibanding kabel single-mode yaitu antara 50 sampai 100 mikrometer. Kabel jenis ini bisa menampung lebih banyak pancaran cahaya, yang mana cahaya yang memancar didalam core akan dipantulkan pada dinding-dinding core. Kabel multi-mode kurang begitu cocok untuk jarak yang sangat jauh, karena hanya bisa digunakan pada gelombang cahaya yang memiliki panjang antara  850-1300 nanometer.

 

Cara Kerja Fiber Optik

Prinsip dasar dari fiber optik ialah mentransmisikan pancaran cahaya yang merambat didalamnya. Prinsip ini terpusat pada cara kerja serat optik yang membatasi sudut di mana gelombang cahaya dikirim untuk mengontrol secara efisien sampai ketujuan, yang mana gelombang cahayanya ditutupi dengan inti dari fiber optik itu sendiri.

Pertanyaannya, bagaimana hanya gelombang cahaya bisa mengirimkan data informasi?, munngkin hal ini yang jadi pertanyaan dalam hati Anda. Jawabannya secara garis besar, data informasi yang berbentuk sinyal elektrik atau digital akan dirubah menjadi sinyal cahaya kemudian setelah sampai tujuan terdapat sebuah sensor "fotodioda" yang merubah kembali menjadi sinyal elektrik atau digital sehingga bisa dibaca oleh komputer.

Kelebihan dan Kekukarang Kabel Fiber Optik

Dibalik kelebihan dari fiber optik dibanding jenis kabel yang lain tentu memiliki juga kekurangannya, untuk lebih jelasnya bisa Anda simak uraiannya berikut ini.

1. Kelebihan Fiber Optik
  • Kecepatan laju data sangat tinggi bisa mencapai 1000 mbps.
  • Mampu mengirimkan sinyal lebih jauh tanpa harus menggunakan alat penguat sinyal.
  • Material kabel lebih awet dan tahan terhadap gangguan kondisi lingkungan seperti panas dan kelembaban udara. 
  • Kekebalan terhadap gangguan gelombang elektromagnetik dan radio, karena tidak membawa arus listrik sama sekali.
  • Memiliki bandwidth yang cukup besar yaitu bisa mencapai 1 GB persecond. 
  • Tidak berkarat dan tidak mudah terbakar, karena materialnya merupakan serat kaca dan bukan termasuk konduktor. 
  • Proses instalasi lebih mudah karena lebih fleksibel dan ukurannya pun lebih kecil.
 
2. Kekurangan Fiber Optik

  • Proses instalasi cukup mahal dibandingkan instalasi jenis kabel yang lain, karena memerlukan alat khusus dan perangkat elektronik yang cukup mahal.
  • Diperlukan teknisi khusus dalam menangani kerusakan karena harus mengerti menggunakan alat-alat khusus untuk fiber optik, dengan demikian diperlukan penambahan biaya.
  • Kemungkinan masih adanya loss data pada jarak yang sangat jauh, sehingga diperlukan repeater untuk mengurangi terjadinya loss. 

Mungkin cukup sekian yang bisa saya bagikan mengenai pengertian, kelebihan, dan kekurangan dari kabel fiber optik, semoga urain ini dapat bermanfaat.

3 comments:

  1. Sayangnya di kampung saya belum ada jaringan internet Viber optik ,jadi internet pake perdana paket data saja, ternyata itu ya kelebihan Viber optik ( artikel anda mantab )

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan FO belum menjangkau ke semua daerah terutama ke daerah pe desaan.

      Delete
  2. Temen-temen
    Kalau ada yg butuh tool fiber optik seperti:

    1. Alat sambung fiber optik FTTH/Feeder/Backbone Splicer fujikura type: Splicer Fujikura 12SC , splicer Fujikura 22S dan Splicer Fujikura 62s, splicer Fujikura 70S+
    2. Alat ukur fiber optik FTTH/Backbone OTDR Yokogawa type: AQ 1000 dan AQ1200
    3. Alat BERT TEST 1G dan 10 G VeEX tester
    4. Accesories Tool Fiber Optik : OPM, OLS, FID Fujikura

    After sales service dari kami,
    1. Garansi 1 Tahun
    2. Pelayanan perbaikan / Repair lokal di jakarta untuk Splicer Fujikura dan OTDR Yokogawa. Kami melayani sudah 20 Tahun.
    3. Mendapatkan training gratis dan akan mendapat sertifikat Distributor. untuk wilayah jabodetabek gratis transfort dan penginapan.

    jika ada yg mau berkonsultasi bertanya dan berminat bisa hubungi saya, saya siap untuk membantu.

    Nama : Tedi sunardi
    WA/ telp: 081290691611
    email: it@hls.co.id
    gmail: tedi.network@hls.co.id

    ReplyDelete