Saturday, 30 December 2017

Cara Mudah Mengetahui Power Supply Pure Watt dan Fake Watt

Mengetahui Power Supply Pure Watt dan Fake Watt
Dalam perangkat komputer terdapat beberapa komponen yang dirangkai menjadi satu kesatuan dan saling berhubungan satu sama lain, yang mana komponen tersebut mempunyai fungsi masing-masing untuk menjalankan sebuah perangkat komputer, dan salah satu komponen yang sangat penting yaitu power supply (PSU). Komponen seperti processor, motherboard, memory, hardisk, VGA, CD/DVD, dan komponen lain yang ada didalam komputer yang disatukan di sebuah cassing akan berjalan jika didukung oleh satu perangkat yaitu power supply. Anda mungkin sudah mengetahui fungsi dari power supply ialah sebagai sumber utama yang mengalirkan daya listrik ke komponen-komponen dalam sebuah komputer, yang mana perangkat ini akan mengubah daya listrik AC ke DC.

Banyak orang atau user kurang begitu memperhatikan mengenai komponen power supply, dan bahkan tidak mengetahui fungsi dan kualitas dari komponen tersebut. Biasanya ketika user membeli komputer paketan atau hanya membeli cassing sudah termasuk power supply didalamnya, serta dengan daya yang di milikinya bermacam-macam misalnya 350 Watt, 450 Watt, 500 Watt, dan lain sebagainya. 

Baca juga : Dampak Buruk Menggunakan Power Supply Yang Kurang Baik.

Dalam melakukan pembelian sebuah cassing, mungkin Anda pernah membeli cassing tersebut dengan harga murah plus di dalamnya sudah terdapat power supply, atau mungkin Anda pernah hanya membeli power supply nya saja dengan kisaran harga Rp.150.000 sampai Rp.250.000. Sedangkan Anda tidak mengetahui atau bahkan tidak memperdulikan bagaimana kualitas dari powe supply tersebut. Perlu diketahui jika Anda membeli power supply dengan harga murah, maka siap-siap saja bahaya kerusakan pada komponen-komponen lain komputer Anda, kenapa saya bilang bahaya terhadap komponen lain karena bisa dipastikan bahwa power supply dengan kisaran harga seperti yang saya sebut diatas tidak memiliki kualitas yang baik atau di sebut fake watt.


Ciri-Ciri Power Supply Pure Watt

Power supply merupakan komponen yang sangat penting dalam komputer, maka harus dipastikan komponen yang satu ini memiliki kualitas yang baik. Dengan memiliki kualitas yang baik maka bisa dipastikan juga bisa bekerja dengan baik dalam mengalirkan daya listrik ke komponen yang lain, sehingga komponen yang lain bisa bekerja secara baik pula dan tentunya tidak cepat mengalami kerusakan atau kendala yang lain. Maka dari itu disini saya akan uraikan ulasan mengenai ciri-ciri power supply yang berkualiats atau yang suka disebut dengan pure watt, silahkan langsung disimak saja ulasannya berikut ini : 

1. Harga Cukup Mahal
Mengenai harga tentunya akan lebih tinggi dibandingkan dengan power supply biasa atau yang palsu, maksud dari power supply palsu ialah power supply yang tidak memiliki kualitas baik atau fake watt. Bagi Anda yang sudah paham dengan kualitas PSU yang baik mungkin tidak akan mempermasalahkan mengenai harga, karena harga yang tinggi tidak akan membohongi mengenai kualitas barang tersebut. 

Pertanyaannya berapa harga PSU asli?, mungkin itu pertanyaan yang ada di dalam pikiran Anda. Berdasarkan pengalaman saya pribadi dan berdasarkan dari riset yang ada di pasaran, harga PSU yang pure watt itu kisaran dari mulai Rp.450.000 sampai dengan Rp.1.000.000. Dari harganya sendiri berbeda-beda tergantung dari berapa besar nilai watt dari PSU tersebut.

 
2. Bobot Power Supply 
Mungkin Anda pernah menemukan jika bobot PSU berbeda-beda, ada yang ringan dan ada juga yang aga berat, itu semua benar terjadi adanya karena PSU yang pure watt tentu bobotnya akan berbeda dengan PSU yang fake watt. Bobot komponen pada PSU pure watt memiliki kualitas yang bagus seperti pada cassing, komponen-komponen yang ada di dalamnya, dan bahkan kabel-kabelnya pun dengan kualiats yang baik sehingga  menyebabkan bobotnya bertambah.

Bobot power supply yang baik lebih berat dari yang biasa saja, hal ini disebabkan karena power supply yang baik menggunakan bahan-bahan yang berkualiats, misalnya kabel-kabelnya memiliki serat tembaga yang lebih tebal, jumlah kapasitor lebih banyak digunakan didalamnya, lilitan kabel pada kumparannya pun lebih banyak, dan biasanya menggunakan kabel berlapis yang sering disebut dengan cable sleeving.



3. Memiliki Serial Number (UL Number)
Serial number PSU atau UL number merupakan tanda dari produsen power supply tersebut. Dengan UL Number tersebut kita bisa mengetahui identitas produsen/pabrik power supply tersebut, kita dapat mengetahui apakah kualifikasi produknya telah memenuhi sertifikasi internasional. Untuk mengecek UL Number ini dapat di cek secara online, silahkan Anda bisa akses situs : http://www.ul.com/database/.
Mengetahui Power Supply Pure Watt dan Fake Watt

 

4. Memiliki Label Spesifikasi Voltase dan Ampere
Label spesifikasi voltase dan ampere biasanya terdapat pada cassing dari power supply. Jika kita melakukan pengecekan pada PSU menggunakan alat multimeter, maka hasilnya akan sama seperti yang tertera pada label tersebut, dan jika hasilnya berbeda tipis itu masih bisa di katakan sesuai dengan label pabrik pada PSU tersebut.
Mengetahui Power Supply Pure Watt dan Fake Watt

 
5. Memiliki Teknologi Kelistrikan
Power supply dengan kualiats baik akan memiliki teknologi kelistrikan terkini, diantaranya sebagai berikut : 
  •  Active PFC (Power Factor Correction), yaitu rangkaian khusus yang digunakan untuk mengukur seberapa efisien komsumsi daya listrik.
  • Over Voltage Protection, yaitu kemampuan power supply untuk mencegah kerusakan komponen yang terhubung karena adanya lonjakan voltase listrik yang tiba-tiba.
  • Continuous Output, yaitu kemampuan power supply untuk memberikan daya setiap saat dibutuhkan.
  • Sertifikasi 80 Plus, dimana setiap power yang memiliki tingkat efisiensi mengkonversi listrik AC ke power DC lebih besar dari 80%.
  • 90% plus, yaitu PSU yang mampu melewati efisiensi 90% lebih, dalam mengkonversi energi AC ke DC.
  • SLI ready/ATi cross fireX, berarti power supply ini sudah siap untuk teknologi Multi GPU. Jangan tertipu tulisan dalam kemasan PSU yang memasang logo ini, karena PSU yang memakai teknologi ini hanya PSU kelas atas seperti, Corsair, Silverstone, Tagan, Enlight, yang memiliki daya diatas 500watt.
  • ROHS(reduction of hazardous substances), yaitu teknologi ramah lingkungan yang meminimalisir panas berlebih atau material berbahaya.

Demikian ulasan dari saya telah selesai mengenai cara mengetahui power supply pure watt dan fake watt, semoga ulasan ini bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment