Saturday, 9 December 2017

Optimasi SEO On Page Pada Blog Secara Lengkap

Optimasi SEO On Page Pada Blog Secara Lengkap
Optimasi SEO On Page pada blog merupakan optimasi yang perlu dilakukan bagi para blogger, karena sangat membantu dalam menjadikan blog kita bisa berada di halaman utama mesin pencarian. Dengan munculnya blog dihalaman utama mesin pencarian apalagi bisa berada di urutan teratas, maka bisa dipastikan blog Anda bisa mendaptkan banyak pengunjung. Dalam melakukan optimasinya bisa dengan beberapa langkah yang perlu dikalukan, karena tidak hanya satu faktor saja dalam melakukan optimasinya. 

Pengertian SEO On Page

Maksud dari SEO On Page adalah optimasi SEO yang dilakukan dari dalam website atau blog itu sendiri, dalam hal ini bisa melakukan optimasi-optimasi yang bisa dimanfaatkan dari dalam blog Anda sendiri. Terdapat bebrapa faktor untuk melakukanSEO On Page, semakin banyak faktor yang dilibatkan maka akan semakin bagus untuk menjadikan blog berada dihalaman utama mesin pencarian.


Cara Optimasi SEO Pada Blog

Disini saya akan uraikan secara lengkap cara-cara optimasi SEO On Page pada blog, silahkan langsung disimak saja urainnya berikut ini :

1. Tittle Tag (Judul Artikel)
Membuat tittel tag sangatlah penting untuk meletakan kata kunci sesuai isi dari artikel yang kita buat, dalam hal ini kata kunci (keyword) yang diletakan pada awal judul artikel akan lebih baik dibandingkan yang diletakan ditengah atau diakhir judul sehingga akan menjadikan lebih SEO friendly. Sebagai contoh Anda membuat judul dengan kata kunci "Optimasi SEO On Page Blogspot", misalkan Anda mengembangkan dari kata kunci tersebut menjadi : (1). "Optimasi SEO On Page Blogspot Secara Lengkap",  (2). "Cara Mudah Optimasi SEO On Page Blogspot". Dari dua judul tersebut maka judul yang nomor satu akan lebih baik karena akan di prioritaskan oleh mesin pencarian seperti google, hal itu disebabkan karena penempatan kata kunci berada diawal judul.

2. Meta Description
Meta description merupakan uraian dari uraian judul, maka dari itu buatlah deskripsi yang relevan dan semenarik mungkin sesuai dengan judul dan silahkan letakan kata kunci diantara deskripsinya. Dalam mengisi deskripsi Anda tidak bisa membuat lebih banyak kata karena hanya dibatasi sampai 150 karakter saja, jadi silahkan lakukan se optimal mungkin.

3. Permalink
Gunakanlah permalink pada setiap postingan yang mempunyai judul atau URL yang panjang, karena pada umumnya blog yang menggunakan platform blogspot akan melakukan generate otomatis pada setiap postingan artikel dan URL permalink akan menyesuaikan dengan judul. Dengan demikian buatlah permalink khusus dengan tujuan agar URL lebih pendek dan lebih mudah dipahami, serta untuk lebih mengoptimalkan kata kunci dengan kata lain URL lebih SEO friendly.

Baca juga : Cara Merubah Permalink Menjadi Lebih SEO Friendly.

4. Gunakan Tag H1
Penggunaan tag H1 sangatlah penting dalam setiap postingan, penempatan tag H1 di peruntukan membuat judul artikel. Tetapi penggunaan tag H1 pada setiap postingan maksimal hanya satu saja jangan sampai lebih, untuk yang lainnya dalam artikel silahkan gunakan tag H2 atau H3 bisa lebih dari satu. Untuk template-template yang baru sekarang ini sudah di setting menggunakan H1 pada tittle atau judul postingan, jika Anda masih menggunakan template yang lama silahkan ganti dengan yang baru dan sudah responsive.

5. Penempatan Kata Kunci
Maksud dari penempatan kata kunci disini ialah kata kunci yang ditempatkan didalam artikel itu sendiri, dalam artian posisi kata kunci menurut para pakar SEO akan lebih bagus jika berada pada paragraf pertama atau 100 kata pertama. Jika Anda ingin menempatkan kata kunci berada di tengah atau akhir artikel itu semua sah-sah saja, tetapi akan lebih baik jika pada paragraf pertama terdapat kata kunci.

6. Gunakan Desain Responsive 
Penggunaan desain (theme) responsive yaitu yang mana tampilan blog pada saat dibuka akan secara otomatis menyesuaikan dari device itu sendiri. Mungkin untuk blog-blog yang dahulu tidak memerlukan desain seperti ini, karena belum adanya perangkat seperti smartphone android ataupun tablet. Akan tetapi seiring perkembangan tekhnologi, untuk membuka website atau blog tidak hanyak pada komputer tetapi bisa di smartphone. Dengan demikian blog untuk sekarang-sekarang ini harus sudah di desain responsive, sehingga saat di akses bisa secara otomatis menyesuaikan tampilan sesuai device tersebut.

7. Gunakan Kata Kunci Turunan
Kata kunci turunan merupakan kata kunci yang memiliki hubungan dengan kata kunci yang kita buat. Pembuatan kata kunci turunan di dalam artikel yang kita buat minimal satu atau dua kata kunci turunan maka artikel akan lebih bagus dihasil mesin pencarian seperti Google.
Pertanyaannya, seperti apa kata kunci turunan itu? Silahkan Anda bisa lihat contoh gambar dibawah ini.
Optimasi SEO On Page Pada Blog Secara Lengkap
Maksudnya dari contoh diatas ialah disaat Anda melakukan pembuatan artikel dengan kata kunci "Optimasi SEO On Page", coba lakukan pencarian kata kunci tersebut di google.co.id maka akan muncul kata kunci turunan yang berada di bawah halaman mesin pencarian tersebut. Disitu terdapat beberapa kata kunci turunan seperti "optimasi seo off page", "optimasi seo youtube", dan masih banyak yang lainnya. Maka dari itu silahkan Anda ambil beberapa kata kunci turunan tersebut untuk di tempatkan didalam artikel yang Anda buat.

8. Gunakan Gambar di Setiap Postingan
Dalam pembuatan artikel diharuskan menambahkan gambar, karena dengan menambahkan gambar minimal 1 gambar maka akan menjadikan artikel lebih menarik dan interaktif sehingga para pengunjung tidak cepat bosan berada di halaman blog kita.

9. Gunakan ALT Tag Pada Setiap Gambar
Penggunaan alt tag pada gambar postingan sangatlah penting karena akan menjadikan lebih SEO friendly dimata mesin pencarian. Dalam hal ini penggunaan alt tag pada gambar sangat dianjurkan, dan penggunaan text nya pun harus sama pada setiap gambar, Anda bisa menggunakan text kata kunci atau judul dari artikel Anda.

10. Buat Artikel Panjang
Pembuatan artikel yang panjang dan berisi tentu sangat baik dimata searh engine, dalam hal ini tentu tidak sekedar artikel panjang saja tetapi memiliki isi yang mejelaskan secara lengkap dan detail dari kata kunci yang dibahas. Menurut para ahli SEO, jika artikel yang memiliki 1500 kata dibandingkan dengan artikel yang pendek maka akan lebih diprioritaskan oleh search enggine. 

11. Buat Artikel Berkualitas
Maksud dari artikel berkualitas disini ialah artikel memiliki isi yang baik sesuai dengan kata kunci dan lebih bermanfaat bagi para pembacanya, dalam hal ini dituangkan berdasarkan pemikiran-pemikiran dari penulis itu sendiri. Hindari dalam pembuatan artikel melakukan copas dari blog atau website orang lain, belajarlah menulis sesuai kemampuan dan ide-ide yang dimiliki sendiri.


Pembahasan mengenai optimasi SEO On Page pada blog telah selesai, semoga bisa membantu Anda dalam membangun blognya. Jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar.






4 comments:

  1. untuk dapat menerapkan SEO on Page dengan lengkap tentu ada kode yang telah jadi kan mang?
    mana atuh kodenya biar tak pasang di blog butut saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. optimasi seo on page tidak bisa dilakukan dengan memasang kode script semata mang, karena didalamnya banyak faktor2 yg harus dilakukan jadi tetep harus manual seperti uraian yg saya sampaikan diatas.

      Delete
    2. Huuuft... sulit sekali 11 point diatas. Nomor 7 itu ngrepoti, apalagi kudu digabung sama nomor 11, ampuuuuuuuuuun!

      Delete
    3. hehehe sesulit apapun kalau dilakuin secara tekun dan sabar pasti bisa gan, semangat terus.

      Delete