Tuesday, 30 January 2018

Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow Yang Perlu Diketahui

Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow
Dalam membangun suatu blog tentunya terdapat beberapa yang perlu diketahui dan dipahami apa saja yang harus dilakukan untuk menjadikan blog lebih SEO friendly, dan salah satunya yaitu pembuatan link yang ada pada blog Anda, baik itu link internal maupun link external. Dalam pembuatan link tentunya ada dua jenis yang digunakan, antara lain link Dofollow dan Nofollow. Mungkin bagi Anda yang belum mengetahui dari kedua jenis link tersebut akan merasa bingung, tidak usah khawatir silahkan disimak saja ulasan dari saya ini karena pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan link Dofollow dan Nofollow.

Link nofollow dan dofollow sangatlah penting untuk dipahami, hal itu disebabkan karena menyangkut pada SEO dan PageRank suatu blog. Dengan demikian saya akan memcoba memberi penjelasan tentang tema ini, sehingga para blogger khusus pemula lebih mengetahui apa itu link dofollow dan nofollow.


Pengertian Dofollow dan Nofollow

1. Link dofollow berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari kata "do" dan "follow" yang artinya "mengikuti". Jika ada link yang tertaut di dalam postingan ke situs lain secara dofollow, itu artinya blog tersebut mengikuti link yang ditautkan. Googlebot saat melakukan crawl (perayapan) kepada situs yang ditautkan tersebut, maka Googlebot akan mengindex seluruhnya sampai ke akar-akarnya.

2. Link nofollow terdiri dari dua suku kata yakni "no" dan "follow" yang artinya "tidak mengikuti". Jika link di dalam postingan dipasang secara nofollow, maka saat Google melakukan crawl, link tersebut tidak akan di index sama sekali.

Baca juga : Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page.

Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow

Dari pengertian diatas, sebenarnya sudah dijelaskan secara gamblang perbedaan kedua link tersebut. Namun, dalam struktur penulisan, keduanya sangat berbeda.

Link dofollow sebenarnya bersifat default. Yang artinya, setiap link dalam postingan akan otomatis dofollow jadi tidak perlu melakukan apa-apa kalau berniat membuat link dofollow.

Jika ingin memberikan link dofollow kepada situs lain, sebaiknya link tersebut ditautkan dalam bentuk teks yang mengandung kata kunci tertarget agar saat Google melakukan perayapan kata kunci dan linknya langsung di index.

Contoh link dofollow:
<a href=”http://www.kanguem.com/”>Kanguem</a>

Sedangkan untuk membuat link nofollow sedikit berbeda dengan dofollow.

Contoh link nofollow:
<a href=”http://www.kanguem.com/” rel=”nofollow”>Kanguem</a>

Link nofollow ini menegaskan agar Google Bot tidak melakukan crawl kepada link yang bersangkutan. Tapi pengunjung yang melakukan klik link akan tetap diarahkan ke situs tujuan.

Untuk membuat link nofollow di blogspot sangatlah mudah, seperti cara memasukkan link pada umumnya. Yang harus diperhatikan adalah mencentang tulisan Add 'rel=nofollow' attribute yang ada di bagian akhir, bisa Anda lihat contoh gambar dibawah ini.

Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow

Demikian pembahasan mengenai perbedaan link dofollow dan nofollow telah selesai, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadikan pencerahan dalam membangun blog Anda.

2 comments:

  1. permisikang kang, saya ada pertanyaan. Jika kita mau menulis sebuah artikel blog untuk kepentingan kompetisi, didalamnya ada persyaratan untuk membuat minimal 1 backlink kepada web/blog si penyelenggara, lalu backlink tersebut harus kita buat secara DoFollow atau NoFollow ya? terimakasih sebelumnya :)

    izin ngasih link saya ya kang, catatansipam.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog digunakan untuk kompitisi yang didalamnya ada external link menuju ke situs penyedia kompitis tersebut sebaiknya gunakan link nofollow saja gan.

      Delete