Friday, 12 January 2018

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page Yang Perlu Diketahui

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page
Dalam mengembangkan blog ataupun website, baik itu digunakan untuk bisnis online ataupun hanya sekedar untuk meningkatkan trafik saja, tentunya dibutuhkan biaya promosi yang cukup mahal. Akan tetapi dengan menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimation) tidak memerlukan biaya cukup tinggi, bahkan semuanya bisa di bilang gratis asalkan Anda mengetahui cara-caranya.  Dengan menggunakan teknik SEO, tentunya blog ataupun website Anda bisa mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak, asalkan dilakukan dengan maksimal. Teknik SEO terdiri dari 2 bagian utama yang harus dilakukan, yaitu optimasi SEO On Page dan SEO Off Page.

Pengertian Seo On Page

SEO on page ialah Optimisasi SEO yang dilakukan dari dalam blog atau website itu sendiri,  dalam artian Anda sebagai pemilik blog atau website mendesain sesuai dengan kaidah SEO. Dalam optimasi SEO on page perlu beberapa yang harus dilakukan, untuk optimasi SEO on page sebenarnya sudah saya bagikan dipembahasan sebelumnya, akan tetapi saya akan membagikannya kembali secara garis besar diantaranya sebagai berikut :

Baca juga : Cara Optimasi SEO On Page Secara Lengkap.

1. Template SEO friendly
Pilihlah template blog yang sudah SEO friendly, untuk sekarang ini banyak template gratisan yang bisa Anda download dan tentunya sudah SEO friendly.

2. Meta Tags

Buatlah meta tags antara lain meta description, meta keywoard, dan meta author. Khusus untuk meta description tentunya jika dilakukan dengan tepat akan menjadi lebih baik dimata search engine.

3. Keyword Pada Tittle
Maksud keyword pada tittle ialah penempatan kata kunci dari judul blog, karena judul blog menggambarkan keseluruhan dari isi blog anda. Dengan meletakan kata kunci dan judul yang menarik, tentunya peluang untuk mendapatkan banyak pengunjung akan semakin besar.

4. Optimalkan Keyword Didalam Postingan

Mengoptimalkan keyword didalam postingan tentunya sangat baik, akan tetapi lakukan penempatan keyword dengan posisi pada paragraf-paragram tertentu. Banyak para pakar SEO mengatakan bahwa penempatan kata kunci diawal paragraf pertama akan lebih baik. Sebenarnya penampatan dimanapun tidak masalah asalkan sesuai kebutuhan, tetapi jangan sekali kali memasang keyword dengan sangat banyak karena akan di anggap spam oleh search engine. 

5. Percepat Loading Blog 
Waktu loading yang cepat tentunya pengunjung akan sangat senang, dan tentunya spider crawl google juga senang, karena saat crawling waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan informasi menjadi lebih cepat sehingga artikel anda jadi lebih cepat terindex.

6. Struktur URL
Struktur URL sebaiknya dimasukan kata kunci didalamnya, gunakan URL sependek mungkin yang mudah. Dengan adanya kata kunci didalamnya, blog Anda akan baik dimata search engine, silahkan rubah URL permalink sesuai yang dibutuhkan dengan mencantumkan kata kunci yang dituju.

Baca juga : Cara Membuat Permalink Pada Blog Menjadi SEO friendly.

7. Format H1 - H3

Secara teknis search engine akan membaca halaman blog secara keseluruhan dimulai dari judul sampai akhir artikel. Dengan demikian sangat penting untuk menempatkan tag H1 pada kalimat pertama konten atau judul artikel, dengan catatan penggunaan tag H1 hanya sekali yaitu pada bagian judul artikel saja. Selain H1 penting juga untuk menempatkan H2 dan H3 pada konten yang berada pada halaman postingan

8. Internal Link

Maksud dari internal link disini ialah menghubungkan antara artikel yang satu dengan artikel yang lain pada blog Anda, penggunaan internal link yang baik tentunya akan disukai oleh search engine. Mungkin sebagai contohnya bisa anda lihat dihalam ini terdapat beberapa internal link antara satu artikel ke artikel lain.

9. Image ALT Text 
Setiap konten akan sangat baik jika didalamnya terdapat gambar yang ditambahkan sesuatu yang disebut "alt text", dengan adanya sistem tersebut maka artikel akan lebih SEO friendly dan tentunya akan dapat terindex lebih mudah oleh search engine.  

10. Sitemap
Sitemap merupakan link yang berisikan data tautan seluruh halaman yang ada di dalam blog. Dengan adanya sitemap memberikan kemudahan bagi user untuk dapat mencari artikel yang diinginkan dengan mudah, selain itu juga sitemap memberikan kemudahan search engine google untuk mengindex setiap halaman yang ada di blog Anda. 

11. Konten Berkualitas
maksud dari konten berkualiats ialah konten di halaman blog Anda tentu harus bermanfaat bagi para pembacanya. Jika mereka mencari sesuatu dan mereka menemukan halaman Anda, maka mereka harus dapat menemukan apa yang mereka cari. Isi konten harus mudah dibaca dan memberikan nilai lebih kepada pengunjung blog Anda, dan tentunya google memiliki berbagai cara untuk mengukur apakah konten Anda berguna atau tidak.
 

Dengan optimasi SEO on page, maka dapat dipastikan bahwa blog Anda dapat dibaca oleh pelanggan potensial dan robot search engine. Ketika Anda melakukan SEO on page yang baik, maka search engine dapat dengan mudah mengindeks halaman blog Anda, memahami tentang apa blog Anda, dan mudah menavigasi struktur dan isi dari blog Anda, sehingga peringkat blog akan bagus di search engine dan tentunya sesuai dengan yang Anda targetkan.
 

Pengertian SEO Off  Page

Yang dimaksud SEO off page adalah optimisasi SEO yang dilakukan di luar blog atau website itu sendiri, yang mana optimasi ini fokus pada peningkatan otoritas domain sendiri dengan cara mendapatkan backlink dari situs-situs lain. Dalam membangun SEO Off Page banyak cara yang bisa dilakukan, dan saran saya jangan sekali-kali Anda mencoba melakukan cara-cara yang diluar aturan google search engine karena bisa menjadikan blog Anda kena penalti oleh google, lakukanlah cara-cara yang natural dan tentunya sesuai aturan google search engine.

Beberapa faktor terbesar dalam optimasi SEO off page adalah jumlah dan kualitas backlink ke blog Anda. Berikut ini beberapa contoh cara membangun link ke blog Anda :

1. Social Media

Media sosial bisa di gunakan untuk mendapatkan link ke blog Anda, dengan cara melakukan sharing pada setiap artikel ke media sosial seperti Facebook, Google+, Twitter, Pinterest, dan yang lainnya, sehingga dengan begitu blog kita akan menjadi lebih dikenal oleh user. 

2. Backlink

Backlink merupakan salah satu SEO Off Page yang berpengaruh dalam meningkatkan  page rank, dan peningkatan kata kunci yang diinginkan. Backlink yang akan di bangun haruslah yang baik dan bukan spamming, karena jika blog Anda melanggar ketentuan yang ada malah membuat blog Anda terkena pinalti oleh google search engine. Banyak cara membangun backlink, seperti Pyramid, Dummy Blog, Otomatis, Social Bookmark, Edu - Gov, Web 2.0, Forum, Blog Walking, Web Directory, Submitter, Iklan, dan cara lainnya.

3. Tools SEO Google

Dalam mengembangkan blog ataupun website, Anda dapat memanfaatkan berbagai Tools yang diberikan google seperti Websmaster, Analytics, Trends, Adwords Keyword Planner, Consumer Surveys, PageSpeed Insights, Content Experiments, Places for Business, Alerts, Tag Manager. Silahkan ada optimalkan beberapa tols tersebut dalam membangun blog menjadi lebih SEO friendly.

Dalam membangun SEO off page diperlukan tujuan dan analisa yang jelas. Gunakan tools untuk dapat saling melengkapi kebutuhan dalam membangun teknik
SEO off page. Banyak orang secara perlahan-lahan menemukan cara mudah dalam meningkatkan kata kunci dengan menggunakan rumus yang dibuat sendiri, tetapi tetap algoritma search engine google menjadi dasarnya.


Demikian ulasan dari saya mengenai perbedaan SEO on page dan SEO off page, semoga ulasan yang saya berikan ini bisa bermanfaat dan tentunya bisa menjadikan referensi daalam membangun blog Anda.

2 comments:

  1. Saya kira loading tidak ada pengaruhnya... thanx huuu :) ssangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Mantap Lur

    Kunjung Balik https://sulameto.blogspot.com/2018/07/4-strategi-rahasia-meningkatkan-trafik.html

    ReplyDelete