Thursday, 8 February 2018

Cara Mudah Menurunkan Bounce Rate Pada Blog

Cara Mudah Menurunkan Bounce Rate Pada Blog
Dalam mengembangkan sebuah blog tentunya ada beberapa aspek yang patut menjadi perhatian, dengan tujuan sejauh mana kualitas blog kita dimata para pengunjungnya maunpun dimata search engine. Salah satu aspek yang akan saya bahas ialah mengenai cara menurunkan nilai bounce rate, bagi Anda para blogger yang sudah lama bermain blogging tentunya tidak asing lagi dengan kata-kata bounce rate. Alasan kenapa nilai bounce rate harus turun atau berada di prosentase serendah mungkin, karena google sendiri untuk saat ini sangat memperhatikan nilai bounce rate sebagai salah satu indikator untuk memberi rangking di hasil pencarian.


Apa itu Bounce Rate?

Bounce Rate dalam artian secara umum adalah rasio pentalan. Dalam konteks blogging memiliki pengertian yaitu jika setiap ada pengunjung yang masuk ke suatu blog akan di analisa berapa lama waku kunjungan dan apakah pengunjung tersebut membuka halaman lain atau tidak. Hasil analisa tersebut akan diakumulasi menjadi rasio/prosentase, maka itulah yang disebut bounce rate.

Baca juga : Optimasi SEO On Page Secara Lengkap.

Semakin cepat pengunjung meninggalkan blog Anda, maka tingkat nilai bounce rate akan semakin tinggi. Sebaliknya jika pengunjung betah berlama-lama berada di blog Anda, maka tingkat nilai bounce rate semakin rendah. Perlu Anda ketahui jika nilai bounce rate semakin tinggi, maka jelas sangat tidak baik. Jika nilai bounce rate semakin rendah, tentu sangat baik sekali untuk kesehatan blog Anda.

Dampak buruk jika pengunjung tidak suka terhadap blog Anda atau pengunjung tidak betah berada di blog Anda, maka dampaknya akan terjadi seperti berikut ini :
  • Kurang baiknya terhadap kesehatan blog.
  • Kualitas SEO menjadi buruk dan tentunya peringkat di SERP akan menurun.
  • Susah mendapatkan pengunjung setia, karena kemungkinan tidak akan kembali mengunjungi blog Anda. 
  • Kemungkinan terjadi menurunnya trafik blog, dan lain-lain.


Baca juga : Kriteria Blog Yang Paling Disukai Google Search Engine.

Cara Menurunkan Bounce Rate

Mungkin banyak para blogger yang masih bertanya-tanya mengenai bagaimana cara menurunkannya nilai bounce rate, dengan begitu saya akan berbagi pengalaman saja mengenai cara-caranya yang harus dilakukan. Silahkan langsung disimak saja ulasannya berikut ini :

1. Gunakan Template Responsive
Dalam berselancar di dunia internet tentunya untuk sekarang-sekarang ini tidak hanya menggunakan komputer saja, akan tetapi sudah bisa browsing di smartphone. Dengan demikian setiap blog dituntut untuk menjadikan lebih responsive atau dengan kata lain mobile-friendly sehingga pengunjung lebih nyaman berada di blog Anda.

2. Kecepatan Loading Blog
Kecepatan loading blog tentunya sangat penting sekali, jika loading blog Anda masih lama maka bisa dipastikan pengunjung akan malas untuk kembali, atau bahkan sebelum membaca artikel pun sudah pergi duluan. Dengan demikian optimalkan kecepatan blog untuk menjadikan para pengunjung senang berada di blog Anda.

3. Desain Blog User Friendly
Maksud dari desain user friendly ialah tampilan blog yang bisa mempermudah pengunjung dalam mejelajahi artikel yang ada didalam blog tersebut, dalam hal ini terdapat navigasi yang mempermudah pengunjung. Penempatan widget yang penting seperti related post, recent post, populer post, label, serta kolom komentar. 

4. Gunakan Background Cerah
Penggunaan background yang cerah tentu bisa menjadikan enak dipandang dan tentunya lebih nyaman dalam membaca artikelnya. Hindari penggunaan background dengan warna yang gelap ataupun warna yang sangat kontras, karena pengunjung akan segera meninggalkan blog Anda jika dalam proses membaca artikel tidak mendapatkan kenyamanan.

5. Mengurangi Iklan di Dalam Blog
Seperti yang sering saya alami sendiri jika berkunjung ke situs untuk mendapatkan informasi tententu, tetapi didalam situs tersebut terdapat banyak sekali iklan yang muncul dan itu sangat mengganggu sekali, sehingga saya buru-buru keluar dan mencari situs lain yang lebih nyaman dalam membaca informasi yang disajikan. 

Dengan demikian kurangilah iklan-iklan yang bisa menggangu bagi para pembacanya, dan sesuaikan penempatan iklan tersebut sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi para pengunjung blog Anda.

6. Perbanyak Konten
Dalam hal ini mungkin Anda sudah mengerti maksud dari perbanyak konten, rajin-rajin lah membuat konten karena semakin banyak akan mendapatkan lebih banyak pengunjung. Selain mendapatkan banyak pengunjung, tentu para pengunjung akan sangat betah berada di blog Anda karena informasi yang diinginkan telah ada.

7. Perbaiki Kualitas Konten
Kualiats konten yang baik tentu akan bisa meningkatkan jumlah pengunjung, dan bisa mengurai nilai bounce rate. Jika konten yang diberikan benar-benar berkualitas, maka biasanya durasi baca pungunjung akan lebih lama, kareka mereka akan menangkap segala informasi yang penting dari awal hingga akhir.

Jika konten Anda masih dangkal, coba lagi diperbaiki, perbanyak paragraph-paragraf yang berbobot, alur mudah dibaca, gambar pada konten bagus, dan sebagainya.


8. Buat Internal Link
Dengan adanya internal link yang menghubungkan ke konten yang lain dengan satu blog yang sama, maka akan sangat membantu untuk menahan pengunjung sehingga bisa berlama-lama berada didalam blog Anda.

Kesimpulan :
Jika nilai bounce rate blog Anda tinggi, maka itu bukan berarti baik tetapi buruk. Lakukanlah  cara-cara seperti yang saya bagikan diatas, terutama dalam navigasi blog Anda untuk mempermudah pengunjung dalam berselancar di blog Anda.

Ulasan mengenai cara mudah menurunkan bounce rate pada blog telah selesai, semoga ulasan ini bisa bermanfaat.

 


1 comment:

  1. Wah blog saya kayaknya gede nih bouncenya, btw cara cek nya dimana ya bang

    ReplyDelete