Friday, 23 February 2018

Ciri-Ciri Blog Disukai Oleh Visitor Yang Perlu Anda Ketahui

Ciri-Ciri Blog Disukai Oleh Visitor
Dalam menekuni dunia blogging khususnya yang benar-benar serius membangun blognya, tentunya hal yang paling diharapkan ialah memiliki blog yang bisa disukai dan disenangi oleh banyak orang dalam hal ini para pembacanya. Dengan banyaknya yang menyukai blog kita, tentu saja apa yang kita rencanakan dan harapkan yaitu seperti popularitas dan mendapat penghasilan dari blog bisa tercapai. Untuk mencapai hal tersebut tentunya diperlukan kerja keras dan yang paling penting memahami kekurangan dari blog kita sendiri, dalam hal ini apakah blog kita sudah disukai oleh para pengunjungnya atau belum. Dengan demikian muncul pertanyaan, bagaimana kita mengetahui ciri-ciri bahwa blog kita disukai oleh banyak visitor?.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai ciri-ciri blog yang disukai oleh visitor, dengan membaca artikel ini mungkin bisa menjadi pengetahuan apakah blog Anda sudah disukai banyak visitor atau belum, untuk lebih jelasnya langsung saja Anda lihat ulasannya dibawah ini.


1. Return Visitor
Return visitor adalah visitor atau pengunjung blog yang melakukan kunjungan kembali ke suatu blog. Dengan adanya return visitor, menandakan bahwa ada yang menyukai blog Anda. Itu artinya setelah seseorang datang untuk pertama kali mengunjungi blog Anda, kemudian ia tertarik untuk datang kembali yang kedua kalinya dan seterusnya.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, bagaimana cara kita mengetahui adanya return visitor terhadap blog kita?. Jangan khawatir karena caranya sangat mudah sekali, jika Anda sudah memiliki akun Google Analytics dan sudah memasang kode trackingnya pada blog Anda, maka tinggal di buka saja Google Analytics kemudian pada menu Audience Anda bisa melihat laporan return visitor.

Baca juga : Cara Daftar dan Pasang Google Analytics Pada Blog.

 
2. Bounce Rate Rendah dan Avg. Session Duration
Ciri berikutnya ialah dengan dengan memiliki nilai bounce rate rendah, dengan persentase bounce rate rendah maka bisa dikatakan merupakan salah satu faktor blog Anda disukai dan disenangi banyak visitor. 


Maksud dari bounce rate itu sendiri adalah persentase analisa visitor, apakah pengunjung dalam mengunjungi suatu blog membuka halaman lain dalam blog tersebut atau hanya membuka satu halaman saja dan langsung meninggalkan blog tersebut. 


Dalam hal ini jika nilai persentase  bounce rate blog semakin rendah, maka nilai blog akan lebih baik dan begitu pun sebaliknya jika nilai persentase bounce rate semakin besar, maka semakin buruk. Cara untuk mengetahui nilai persentase bounce rate sama seperti point nomor satu, silahkan Anda bisa menggunakan Google Analytics. 

Baca juga : Cara Mudah Menurunkan Nilai Bounce Rate Pada Blog.

 
3. Avg. Session Duration
Avg. session duration merupakan lamanya waktu yang dihabiskan visitor dalam suatu blog dalam 1 sesi kunjungan. Semakin lama waktu dari avg. session duration maka semakin lebih baik, dan hal itu bisa dikatakan blog Anda disukai oleh visitor karena bisa betah berlama-lama berada di blog Anda.


4. Komentar
Alasan saya menempatkan komentar sebagai salah satu tanda bahwa blog kita disukai oleh banyak visitor adalah semakin banyak visitor yang berkomentar, maka bisa dijadikan ukuran bahwa blog kita banyak disenangi  visitor. 


Tetapi perlu Anda perhatikan khusus untuk yang satu ini, bahwa komentar yang hanya  benar-benar sebuah komentar berdasarkan atas isi dari artikel blog tersebut, bukanlah komentar yang berupa promosi atau hanya spam lainnya yang meninggalkan link blog  hanya ingin sekedar mendapatkan backlink untuk blognya sendiri.


5. Share Blog
Ciri-ciri yang terakhir ialah dengan adanya share blog. Jika ada banyak sharing artikel yang dilakukan oleh visitor tentunya itu menunjukan bahwa blog Anda disukai dan disenangi oleh banyak visitor. Dengan adanya sharing artikel yang dilakukan oleh banyak visitor, maka akan menjadikan keuntungan Anda mendapatkan backlink dan blog Anda bisa jadi lebih populer. 



Kesimpulan dari inti pembahasan ini ialah dalam membangun suatu blog tentu diperlukan kerja keras dan kegigihan, faktor-faktor yang saya uraikan diatas hanya sebagai acuan saja sampai dimana kualitas dari blog yang kita miliki, sehingga punya patokan untuk meningkatkan lagi kualitas dari blog itu sendiri. Sekian dulu ulasan dari saya mengenai ciri-ciri blog yang disukai oleh visitor, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

3 comments:

  1. Lumayan ilmu lagi... sukses terus mas infohnya

    ReplyDelete
  2. mas saya sudah 5 tahun main blog. trus gonta-ganti sih. Tetapi saya masih kesulitan mendapatkan visitor. Kira-kira kurangnya apa ya? padahal sudah nerapin SEO. Mungkin artikel kurang menarik kali ya

    ReplyDelete